Rabu, 05 September 2018

Berikut 5 Tips Mencari Ide Menulis Blog yang Harus Anda Ketahui


Menulis adalah bentuk kebaikan pada banyak orang. Melalui tulisan yang Anda buat masyarakat mengetahui informasi apa saja yang sedang mereka butuhkan.

Teknologi semakin canggih meningkatkan rasa ingin tahu di masyarakat. Blog memberikan ruang bagi Anda untuk berkarya. Ide-ide seringkali bertebaran sehingga Anda mudah menuliskannya.

Namun kadangkala ada momen saat Anda mengalami kebuntuan atau stuck in the moment. Rasanya hal itu membuat Anda bingung, kan? Ingin menulis blog tapi sulit memulai dari mana. Dipaksa lanjut pun justru masih belum bisa menemukan pencerahan.

Nah, di sini ada beberapa tips mencari ide menulis blog yang bisa Anda implementasikan ketika Anda mulai kehilangan pokok bahasan untuk di-posting.

1.Melakukan perjalanan
Tinggalkan sejenak pekerjaan menulis Anda. Kemudian bergegaslah keluar rumah untuk mulai berpetualang ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Tempat baru akan meninggalkan kesan yang ‘fresh’ sebagai pengalaman Anda. Bisa pergi ke kota, desa atau sekadar jalan-jalan ke taman jika budget belum mencukupi.

Melakukan perjalanan mampu membuat pikiran Anda lebih segar. Banyak peluang yang dapat Anda temui karena pasti akan ada cerita dan ilmu baru yang bisa dijadikan ide menulis blog.

Baik lewat kejadian bahkan sekilas mengamati banyak orang dari kejauhan. Di sisi lain perjalanan mampu merubah mood Anda dan mengurangi tingkat stress.

2. Blogwalking
Bila cara di atas mengajak Anda untuk memanjakan diri di luar rumah. Blogwalking ini berupa aktifitas menjelajahi blog-blog orang lain di website. Membaca situs blog lain membantu Anda menemukan apa yang sedang dicari.

Jika Anda fokus mengulas hal-hal berbau kesehatan segeralah baca artikel yang berkaitan dengan hidup sehat. Blogwalking memberi solusi dalam mencari ide menulis blog karena Anda dituntut untuk membaca. Seperti yang banyak orang katakan bahwa penulis yang baik adalah pembaca yang baik.

3. Mind Mapping
Belajar melatih otak dengan menulis merupakan cara terbaik menemukan ide. Melalui kegiatan mind mapping, Anda akan menuntun otak untuk mencatat ide-ide atau gagasan. Mind mapping ini memiliki kelebihan dalam meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu lebih urut dan detail.

Sediakan kertas kosong dan pena kemudian latih diri menuliskan apa saja yang lewat di pikiran Anda. Misal: jika terlintas kata sepeda, tulis saja. Setelah 1 menit berlalu tentu banyak gagasan yang sudah Anda tuangkan di atas kertas tersebut. Dari ide-ide kecil tersebut Anda terbantu karena ada tambahan kata-kata baru.

4. Banyak Membaca Buku
Anda bisa mendapatkan ilmu baru lewat aktifitas membaca karena seperti kata pepatah bahwa buku adalah gudang ilmu. Ikuti suara hati Anda kira-kira bacaan apa yang lebih sreg untuk dibaca.

Dengan membaca dapat memperdalam kosa-kata, menemukan inspirasi dan berlatih untuk fokus. Nantinya Anda bisa mengulas kembali hasil bacaan tersebut di blog. Sehingga Anda lebih terlatih mengembangkan ide dan tulisan.

5. Bergabung Dalam Ruang Diskusi
Diskusi akan mengajak Anda membuka mata dan pikiran. Dalam mencari ide menulis blog, diskusi lebih ekspresif karena membuka wawasan Anda mengenai pendapat orang lain. Diskusi membantu Anda menambah koneksi pertemanan.

Melalui diskusi Anda bisa menjumpai pengetahuan baru lewat pembahasan yang digelar di forum. Dalam hidup tentu Anda membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, diperlukan aktifitas yang juga langsung berkaitan dengan manusia.

Nah, itulah 5 tips mencari ide menulis blog yang bisa Anda coba. Ada kalanya jemari Anda lancar menuangkan kalimat-kalimat di depan layar komputer. Tapi ada saat di mana kejenuhan itu menghampiri. Pilihan ada di tangan Anda. Hal-hal sederhana ini bisa dicoba sebagai solusi menemukan gagasan.

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar