Rabu, 05 September 2018

Islam Memuliakan Wanita

Islam memuliakan wanita sebagaimana yang termaktub dalam Al-Qur'an. Allah menciptakan makhluk ini bukan semata-mata sekadar pernik perhiasan dunia melainkan untuk beribadah kepada-Nya.

Sebagaimana laki-laki yang memiliki kebebasan bergerak dan bertindak. Begitu pula wanita yang juga memiliki hak beraktivitas sesuai koridor dan kodratnya. Islam memandang wanita penuh kemuliaan.

Selama ini yang kita ketahui bahwa kegiatan wanita hanya terkurung dalam rumah, mengurus rumah tangga sehingga membuat sebuah stigma bahwa wanita tak memiliki kebebasan layaknya kaum adam dan tak sedikit yang merendahkan.

Namun saat ini pandangan kita meluas menyaksikan para wanita tangguh memberanikan diri keluar dari kurungannya. Mereka yang berpeluh mencari nafkah untuk membahagiakan keluarga.

Ilmu pengetahuan dan teknologi menghadirkan dunia baru bagi wanita. Kaum hawa ini mampu membuktikan pada dunia bahwa dirinya tetap bermanfaat di luar rumah.

Pemahaman banyak orang mengenai gender membatasi wanita untuk bergerak. Bagaimana pun memang laki-laki dan wanita tak bisa disetarakan lantaran dua insan ini sudah memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.

Seorang wanita tetap dalam jalurnya; feminin tak bisa dipaksakan untuk tampil maskulin.

Selain itu kita pun telah membaca banyak sejarah tentang wanita. Siti Khadijah r.a istri Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam sang teladan kaum hawa seluruh dunia.

Seorang penyabar yang berjuang membantu penyebarluasan dakwah suaminya. Kesetiaannya, keshalihahannya menjadikan ia seorang wanita yang patut diteladani oleh kita.

Begitu juga di nusantara, R.A Kartini, perempuan keturunan Jawa yang pada akhirnya menuntut emansipasi bagi para wanita. Beliau memperjuangkan keinginannya mengenai hak wanita untuk belajar.

Pendidikan bukan sekadar ruang untuk bergelut dengan angka dan kata. Tapi pendidikan mengajari manusia agar bermanfaat untuk sesama.

Bagi Kartini, mengenyam pendidikan bukan untuk menyaingi kaum adam. Melainkan belajar adalah kewajiban manusia. Kecerdasan Kartini melahirkan karya-karya nyata yang sampai detik ini dinikmati wanita.

Karya Habis Gelap Terbitlah Terang adalah surat-surat Kartini pada sahabatnya. Namun setelah diselidiki kalimat tersebut pun diambil dari Q.S Al-Baqarah 257 : minazh zhulumaati ilan nuur yang artinya dari kegelapan - kegelapan (kekufuran) menuju cahaya (islam).

Dengan demikian, pemahaman mengenai gender tak lepas dari apa tujuan manusia diciptakan yang sebenarnya. Banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang membahas soal wanita dan tentu memberikan isyarat bahwa wanita sebaiknya tetap dalam kodratnya karena Allah tidak membedakan manusia dari jenis kelamin melainkan fungsionalitas dan kodratnya masing-masing.

1 komentar:

  1. Black Titanium Wedding Band - tt-t-shirt - TikTok
    Black Titanium Wedding Band T-shirt. Black Titanium Wedding Band T-shirt. Black titanium hair trimmer Titanium Wedding Band T-shirt. Black Titanium Wedding titanium wedding ring Band titanium tv T-shirt. Black Titanium Wedding medical grade titanium earrings Band T-shirt. Black edc titanium

    BalasHapus